MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS LITERASI

Mimi Rosadi, Alkausat Saragih

Abstract


Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai bahan pembelajarannya. Model pembelajaran ini akan berbantukan dengan media pembelajaran audiovisual berbasis literasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ini akan dapat meningkatkan dan mengembangkan situasi dan kondisi pembelajaran khususnya dalam materi Bahasa Indonesia yang berbasis literasi. Peningkatan dan pengembangan literasi dalam penelitian ini akan diajarkan sesuai dengan model pembelajaran kontekstual (CTL). Metiode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Prinsip dasar dan teknologi meliputi model pembelajaran kontekstual ini dapat menjadi penelitian terapan dan penelitian pengembangan dalam membangun literasi yang lebih baik. Model pembelajaran kontekstual yang berbasis literasi masih dikonsep dengan teliti sehinggan dapat menjadi landasan untuk menggunakan aplikasi yang bersifat teknologi dalam mengmebangkan literasi di zamannya. Media pembelajaran audiovisual sudah sejak lama dipergunakan, tetapi pada penelitian ini media ini dikembangkan dengan model pembelajaran kontekstual yang berbasis literasi, maksudnya adalah model ini dapat digunakan dalam pembelajaran lingkungan dengan peningkatan literasi di dalamnya. Hasil data yang dianalisis oleh peneliti, mendapatkan hasil nilai rata-rata siswa menggunakan model kontekstual berbasis literasi adalah 81,64. Hal ini menunjukkan model kontekstual memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan pembelajaran khususnya pembelajaran  bahasa Indonesia dengan menggunakan media audiovisual.


Keywords


Model Kontekstual, Audiovisual, Literasi

Full Text:

PDF

References


Nana, Setiana. Penerapan Model pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. E Journal.upi.edu.Volume 1 Nomor 2 Tahun 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Efektif Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Tahun XXXIX. Nomor 1 Mei 2009.

Hery Setiawan. 2020. Pemanfaatan Media Audiovisual dan Media Gambar. Jurnal Prakarsa Paedagogia Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020.

Hasanuddin. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning yang dikaitkan dengan Model Kontekstual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan. Tahun 2021. Nomor 2 Volume 1.

Ayuningtyas, Dian, 2015. Nilai Budaya Pada Novel Gugur Bunga Ke Dalam Karya Wahyu R. Kajian Antropologi Sastra Dan Impelementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Pada Universitas Muhammadiyah Surakarta : Tidak diterbitkan.

Emi, 2017. “Analisis Nilai moral dan Nilai Budaya Pada Novel Kelopak Cinta Kelabu Karya Suhairi Rachmad Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Di SMP dalam Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis” Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 71-72.

Hafidah, Nurul, Wildan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Ilmiah, Vol 2 hlm 394.

Lestari, Dee, 2018. Literasi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Bentang Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i2.335-339

Article Metrics

Abstract view : 500 times
PDF - 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id