RETORIKA POLITIK TEKS PIDATO BAPAK PRESIDEN JOKOWI DALAM PELANTIKAN PRESIDEN MASA JABATAN 2019/2024

Ahmad Nawawi Alfan Afifi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui retorika Presiden Joko Widodo pada teks pidatonya pada pelantikan presiden di periode keduanya dengan perspektif sosiolinguistik. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif, bahwa sistematika penulisan ataupun metode penelitian kualitatif itu suatu prosedur penelitian terhadap pengamatan terhadap tuturan dan tulisan orang yang dijadikan objek penelitian serta perilakunya dapat diamati dan dideskripsikan, yang kemudian penelitian ini disebut dengan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kalimat ataupun kata-kata yang dituturkan oleh Presiden Joko Widodo semuanya mengandung politis, karena dari beberapa pokok pikiran Jean Stilwell Peccei dan Jason Jones, penulis menemukan dua pokok pikiran saja yang penulis temukan dalam kalimat maupun kata Presiden Joko Widodo yaitu pokok pikiran presupposition yang beranekaragam dan persuasif yang menggunakan pararelisme dan penggunaan kata ganti. Hal ini merupakan suatu yang umum disampaikan presiden kepada masyarakat apalagi hal ini dilakukan pada pelantikan periode keduanya. Hal ini memungkinkan suatu bentuk penutupan kinerja pada masa sebelumnya yang kurang optimal dengan cara menyelesaikan pada periode kedua. Selain itu juga memungkinkan suatu bentuk pengaruh politik lewat pidatonya untuk mempengaruhi audiens untuk keberlanjutan program yang dibangun pak Jokowi.


Keywords


Retorika Politik; Teks Pidato; Joko Widodo; Sosiolinguistik

Full Text:

PDF

References


Ali Kusno. (2020). Kekhasan Gaya Pidato Megawati Soekarnoputri Dalam Kongres VI PDI Perjuangan Di Bali: Tinjauan Retorika.

Dwi Ningwang Agustin. (2009). Retorika Diksi Gaya Bahasa Pidato Soeharto. Universitas Negeri Malang.

Garvin, P. L., & Mathiot, M. (2012). The urbanization of the guarani language: A problem in language and culture. Readings in the Sociology of Language, 365–374. https://doi.org/10.1515/9783110805376.365/MACHINEREADABLECITATION/RIS

Marsefio S. Luhukay. (2007). Presiden SBY dan Politik Pencitraan: Analisis Teks Pidato Presiden SBY dengan Pendekatan Retorika Aristoteles. Jurnal Ilmiah Scriptura, 1 No. 2.

Roring, F. P. (2018). Retorika Soekarno Dalam Komunikasi Internasional Anti Imperalisme Dan Kapitalisme. Jurnal Oratio Directa, 1 no 1.

Thomas, Linda, D. (2004). Language, Society And Power An Introduction. The Taylor And Francis e-Library.

Zulkhairi dan Yuhamar. (2021). Retorika Bahasa Politik Presiden Joko Widodo Dalam Mata Najwa Edisi Jokowi Diuji Pandemi (Pendekatan Sosiolinguistik). Jurnal An-Nahdah Al-’Arabiyah, 1 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i3.408-414

Article Metrics

Abstract view : 577 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id