ANALISIS STRUKTUR WACANA PADA IKLAN OJEK ONLINE GRAB DAN GOJEK

Ilma Dzina Setyowati, Oktimatul Amanah, Galang Bangkit Satria

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan bagaimana struktur wacana pada iklan ojek online Grab dan Gojek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berbentuk metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak dan catat dengan mengkaji struktur wacana pada iklan ojek online Grab dan Gojek. Berdasarkan analisis data, hasil dari penelitian ini menjabarkan mengenai struktur wacana pada iklan ojek online Grab dan Gojek berupa ditemukannya proposisi Setiap struktur wacana pada iklan ojek online Grab dan Gojek memiliki berbagai proposisi yang berbeda. Butir utama ditemukan adanya (1) proposisi yang ingin membangkitkan rasa ingin tahu calon konsumen, (2) proposisi berupa pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, (3) struktur memberikan komando atau perintah, (4) proposisi menekankan keuntungan calon konsumen, dan (5) proposisi yang menekankan keuntungan calon konsumen. Pada bagian isi ditemukan adanya (1) proposisi alasan subjektif, dan (2) proposisis alasan objektif. Pada penutup hanya ditemukan adanya pendekatan cara lunak.

Keywords


Struktur wacana, iklan online, Grab, Gojek

Full Text:

PDF

References


Asmara, Rangga. (2018). “Struktur dan Fungsi Bahasa dalam Wacana Iklan Pasta Gigi Sensodyne.” Jurnal Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI), h 459-470.

Chairani, Nur. (2012). “Struktur Wacana Iklan Advertorial Pembalut Wanita dalam Majalah Wanita Remaja.” Jurnal Tidak di Publikasikan, Program Studi Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Khasanah, Nikmahtun. (2016). “Analisis Struktur Wacana Iklan Produk untuk Perawatan Tubuh pada Tabloid Nova Edisi Februari-Maret 2016.” Jurnal Tidak di Publikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Lestari, Dian. (2014). “Analisis Wacana Iklan Rokok Abad ke XIX dalam Situs advertisingtimes.fr dengan Pendekatan Mikro dan Makrostruktural.” Jurnal Tidak di Publikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Maulidia, Ayu. (2017). “Wacana Iklan Berbahasa Indonesia pada Produk Obat-obatan di Media Sosial Instagram.” Jurnal Tidak di Publikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Musaffak. (2015). “Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa.” Jurnal Kembara, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2015, h 224-232.

Setiawan, Budi. 2012. Analisis Wacana. Salatiga: Widya Sari Press.

Takasihaeng, Erika Janet. (2016). “Struktur Wacana dan Diksi dalam Iklan Berita Duka di Media Cetak Surat Kabar Harian Kompas.” Jurnal Tidak di Publikasikan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sam Ratulangi.

Wijana, Prof. Dr. I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2011. Semantik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i1.6-23

Article Metrics

Abstract view : 3478 times
PDF - 3071 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id