IMPLEMENTASI METODE CERPEN GRAM SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PADA MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH

Fita Fatria, Tiflatul Husna, Alfitriana Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode cerpengram sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis teks cerita pada mahasiswa PBSI Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Mengingat kemampuan menulis teks sastra sangat kurang diminati kalangan muda, maka metode cerpengram menjadi penawar dalam peningkatan kemampuan menulis teks cerita pada mata kuliah sastra terkhusunya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah  mahasiswa PBSI Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 mahasiswa semester 7A yang diambil satu kelas. Sebelum melaksanakan siklus 1, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Pada tes awal diperoleh skor rata-rata 66,7 atau persentase penilaian hasil (PPH) sebesar 66,7%. Langkah berikutnya melaksanakan tindakan dengan dua siklus. Pada siklus 1, hasil rata-rata ( PPH) 72,3%, lebih tinggi dari awal tes. Tetapi belum memenuhi target pelaksanaan tindakan kelas. Untuk mencapai belajar yang lebih baik, maka dilakukan refleksi untuk tindakan selanjutnya. Kemudian dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata (PPH) 80,2%. Target pelaksanaan tindakan adalah rata-rata 70 secara individual dan klasikal. Ini berarti terjadi peningkatan yang sangat signifikan.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi dosen dan mahasiswa, serta civitas akademika dan  semua pihak agar dapat menggunakan mediapembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran.


Keywords


Menulis Teks Cerita; Metode Cerpengram.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Indonesia. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, syaifulBahri., Aswan Zain, 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Permendiknas No. 16 tahun 2007. Proses Pembelajaran tersedia: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendiknas diakses 20 Oktober 2018.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumardjo, Jakop. 2001. Menulis Cerpen. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sun, Peng Kheng. 2017. Cerpengram, Metode Mudah dan Menyenangkan Menulis Cerpen Bagi Pemula. Jakarta : PT Alex Media Komputindo. Kompas Gramedia.

Tarigan, Hendry Guntur. 1985. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa.

Thabroni, 2020. Metode pembelajaranpengertian, jenis &macam menurut para ahli. Tersedia: https://serupa.id/metode-pembelajaran-pengertian-jenis-macam-menurut-para-ahli/ Diakses Oktober




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.199-206

Article Metrics

Abstract view : 1001 times
PDF - 476 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id