KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA KARANGAN NARASI SISWA IMIGRANDI SANGGAR BIMBINGAN KAMUS GOMBAK UTARA KUALA LUMPUR

Sunan Reza Pahlawan, Fitri Amilia, Hasan Suaedi

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bentuk kesalahan penggunaan ejaan yang ditemukan pada karangan narasi siswa imigran di sangar bimbingan kamus Gombak Utara Kuala Lumpur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa dokumen tertulis, yang bersumber dari karangan narasi siswa imigran di sanggar bimbingan kamus Gombak Utara Kuala Lumpur. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi berupa teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kesalahan penggunaan ejaan telah disimpulkan bahwa fenomena mengenai kesalahan penggunaan ejaan masih banyak dilakukan oleh siswa saat menulis karangan narasi. Adapaun jenis-jenis kesalahan yang dialami oleh siswa yaitu sebagai berikut; 1) kesalahan penggunaan huruf ditemukan meliputi kesalahan penggunaan huruf kapial. Kesalahan penggunaan huruf kapital disebabkan oleh kesalahan penggunaan huruf kapital pada awal kalimat dan kesalahan penggunaan huruf kapiatal sebagai huruf pertama unsur nama orang, 2) kesalahan penulisan kata ditemukan kesalahan yang meliputi: kesalahan penulisan kata dasar yang disebabkan oleh kata dasar yang tidak ditulis secara satu kesatuan atau di singkat, kata depan yang disebabkan oleh kesalahan penulisan kata depan di- , partikel yang disebabkan oleh kesalahan penulisan partikel -lah , dan kata ganti yang disebabkan oleh kesalahan penulisan kata ganti -nya, 3) kesalahan penggunaan tanda baca yang meliputi: kesalahan penggunaan tanda titik yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan tanda titik di akhir kalimat, tanda koma yang disebabkan oleh kesahan penggunaan tanda koma sebelum kata penghubung, dan tanda petik yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan tanda petik dalam pembicaraan, 4) kesalahan penulisan unsur serapan yang disebabkan oleh kesalahan penulisan kata serapan dari bahasa arab. Kesalahan dapat terjadi disebabkan karena interferensi bahasa dimana siswa sanggar bimbingan berasal dari latar belakang bahasa melayu dan kurangnya pemahaman siswa dalam penggunaan (EYD V), karena kurangnya pemahaman tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan penggunaan ejaan.


Keywords


kesalahan berbahasa; ejaan; karangan narasi.

Full Text:

PDF

References


Bangun, T. A. (2016). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Soal-Soal Ujian Semester Smp Negeri 1 Langsa. Medan Makna, 129-143.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah , 226-245.

Fikram, M. (2019). Nalisis Kesalahan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 9 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 39-50.

Fitriani. (2019). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sekayu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1-13.

Gustaviana, R., Rahima, A., & Sujoko. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Kepala Bernomo Terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas Ix G Smp Negeri 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiyah Dikdaya, 187-194.

Hamlan, K., & Karim, A. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1-12.

Hidayatika, U. (2023). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Pada Stiker Krl Commuter Line. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 89-98.

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2021). Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Makalah Mahasiswa. Lingua Rima, 35-48.

Istiqoh , N. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Think Pair Share Di Kelas Vii-A Mts Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Diksatrasia, 22-19.

Lasiratan, W. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Teks Dialog Siswa Kelas Viic Di Smp Negeri 4 Tolitoli. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 35-48.

Marhamah, S. H., Iskandar, S., & Nurmahanani, I. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan, 1338-1348.

Mariana, Idham, M., & Adnan. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas V Sd Negeri 30 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 62-69.

Meirani, N. R. (2021). Analisis Kesalahan Ejaan Yang Disempurnakan Dan Diksi Pada Surat Kabar. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 300-316.

Muflihah, I., & Sutrisna, D. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Smp It Attadzkir Maja. Seminar Nasional Pendidikan, 575-583.

Musyawir, & Loilatu, S. H. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa. Uniqbu Journal Of Social Sciences, 1-12.

Nurhamidah, D. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi, 92-107.

Pazzi, M. M., Wabang, R. J., & Dapubeang, A. R. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Karangan Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 3 Kefamenanu Tahun Ajaran 2020/2021. Jubindo Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9-20.

Riska, N. V., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Metode Concept Sentence Dengan Media Foto Berseri Dalam Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5827-5838.

Riskinasih. (2023). Panduan Kata Baku Dan Ejaan Yang Disempurnkan. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Wahyuni, U., & Sari, M. M. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas X Mipa 1 Sma Negeri 3 Kota Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 125-135.

Wijaya, R., Anggraeni , S. W., & Prihamdani, D. (2020). Studi Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Mi Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya. Ijpse: Indonesian Journal Of Primary School Education , 109-119.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.246-258

Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF - 345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id