PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MENULIS PADA MAHASISWA UMN AL -WASHLIYAH
Abstract
Pendekatan komunikatifmerupakanpendekatan yang berlandaskan pada pemikiranbahwakemampuanmenggunakanbahasadalamberkomunikasimerupakantujuan yang harusdicapaidalampembelajaranbahasa. Jadi pembelajaran yang komunikatifadalahpembelajaranbahasa yang memungkinkanpesertadidikmemilikikesempatan yang memadaiuntukmengembangkankebahasaan dan menunjukkandalamkegiatanberbahasabaikkegiatanproduktifmaupunreseptifsesuaidengansituasinyata, bukansituasibuatan yang terlepasdarikonteksTujuan dalampenelitianiniadalahpenerapan strategi pembelajaran yang menarikdapatmeningkatkan dan mengembangkansituasi dan kondisipembelajarankhususnyadalammateri Bahasa Indonesia sehinggameningkatnyaproduktivitasmahasiswadalammenulis.Metode penelitanmerupakanpenelitiantindakankelas (PTK), makaprosedurpenelitianinisesuaidenganprosedurpenelitiantindakankelas yang dilakukandalam proses berdaur/ siklus. Setiapsiklusterdiridariperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil daripenelitianiniadalahSetelahdilakukantesawalterhadapmahasiswa semester 2V PGSD UMNAW, ternyatadiperolehhasil 3300 bahwakemampuanmahasiswadalammenulismenunjukkanhanya3 mahasiswa yangmampu (berhasil) A.dan 5 mahasiswadengannilaiB. Hal inimenunjukkanbahwatarafkemampuanmahasiswadalammenulisadalah 82,5 masihtergolongBaik. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenelitianiniadalah pada tesawalmahasiswamemiliki total jumlah 2675 dengannilai rata – rata 66 permahasiswainitermasukdalamkategoricukup, sedangakan pada siklus 1 mendapatkan total penilaian 3162 dengan rata – rata nilai 81 permahasiswa di kategori Baik sedangkansiklus II adapeningkatan yang di lihatdimana total jumlah 3300 dengan rata – rata 82,5maka dapat di simpulkanbahwasudah di kategori Baik.
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/176
Sudjianto. 2014. “Pendekatan Komunikatif dalam PengajaranBahasa Jepang” Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia:FakultasBahasa dan Seni
Pringgawidagda, Suwarna. 2002.Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta:Adicita KaryaNusa.
Dibia, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah Berorientasi Pada Kurikulum 2004, Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Singaraja
Djuanda, Dadan. 2008. Studi Tentang Penerapan Pendekatan Komunikatif dan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri Sukamaju Kabupaten Sumedang. Terdapat pada http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_10- Oktober_2008/Studi_Tentang_Penerapan_Pendekatan_Komunikatif_dan_P endekatan_Terpadu_dalam_Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_di_Kelas_VI_ SD_Negeri_Sukamaju_Kabupaten_Sumedang.pdf. Diakses pada (28 September 2012)
Kusuma, 2008. Strategi Pendekatan Komunikatif dalam Menunjang Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Terdapat pada http://sippendidikan.org/file_upload/Herianah%20Strategi%20Pendekatan% 20Komunikatif.pdf. Diakses pada (28 September 2012).
Werdiningsih, Endang. 2000. Pembelajaran Menulis Berdasarkan Silabus Komunikatif. Jurnal Pendidikan Wacana. Surabaya: PGSD. FIP. Halaman 160-168.
Werdiningsih.Endang.2019.PeningkatanKeterampilanMenulis MenggunakanPendekatanKomunikatifBagiSiswaKelasXSmkMultimediaNurulHuda PoncokusumoMalan.LIKHITAPRAJA.JURNAL ILMIAH.21( 1)
Girsang, Bang. 2012. Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran. http//pelangi-iffah.blogspot.com/2011/04/metode-dalampembelajaran-bahasa.html. Diakses Pada Tanggal 28 September 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.207-214
Article Metrics
Abstract view : 528 timesPDF - 1701 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id