REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KEGIATAN PRESENTASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MAS BAHRUL ULUUM AL-KAMAL TA. 2022/2023

Zulkarnain Sirait, Akmal Akmal

Abstract


Kesantunan berbahasa merupakan aspek yang sangat penting dalam membentuk kebahasaan dan karaktersiswa. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan aspek kesantunandalamberbahasasiswa.Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikan penyimpangan dan pematuhan prinsip kesantunan  berbahasa yang terjadi dalam kegiatan presentasi kelas pada siswa kelasXI MAS Bahrul Uluum Al-Kamal dalam hal pemilihan katadan cara berdiskusi yang santun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Teknik yang digunakan  dalam mengumpulkan data menggunakan teknik rekam danteknik simak dan catat. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Penentuan penyimpangan dan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa didasarkan pada indikator kesantunan berbahasa yang diturunkan dari teori Leech.Hasil penelitian pada siswa kelasXI MAS Bahrul Uluum Al-Kamal menunjukkanbahwa jumlah penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa yang  terjadi pada kegiatan presentasi kelaslebihbesar dibandingkan dengan pematuhannya. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pentimbangan pada prinsip kesantunan berbahasa dalam kegiatan presentasi kelassiswa kelas XI MAS Bahrul Uluum Al-Kamal sebanyak 13 tuturan,sedangkan pematuhannya sebanyak 12 tuturan. Data penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa berupa penyimpangan satu maksim dan dua maksim sekaligus dalam satu tuturan.Data penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa satu maksim terdiri dari maksim kebijaksanaan, penerimaan, kemurahan dan kesimpatian. Penyimpangan dua maksim terdiri atas penyimpangan maksim penerimaan dan kesimpatian, maksim penerimaan dan kerendahan hati, serta maksim kebijaksanaan dan kemurahan.Sementaraitu, data pematuhan prinsip kesantunan berupa pematuhan satu maksim dan dua maksim sekaligus dalam satu tuturan terdiridarimaksim kebijaksanaan, kemurahan, dan kecocokan. Pematuhan dua maksim terdiri atas maksim kebijaksanaan dan kecocokan, maksim kebijaksanaan dan kemurahan, maksim kebijaksanaan dan penerimaan, serta maksim penerimaan dan kecocokan

Keywords


Kesantunan Berbahasa; Presentasi Kelas;

Full Text:

PDF

References


Anam, Atfalul. 2011. Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK Kelas XII Karangan Yustinah dan Ahmad Iskak. (Skripsi). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Aunurrahman, 2012.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mujiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rinneka Cipta

Hanggani, Mila Eka. 2013. Pengembangan Keterampilan Teknik Presentasi Bagi Sekretaris. (Tugas Akhir). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Hindun. 2012. Pragmatik untuk Perguruan Tinggi. Depok: Nufa Citra Mandiri

Ishariyanti, dkk.2015. Kesantunan Berbahasa Dalam Kegiatan Diskusi Siswa Kelas Xi Smk Dinamika Lampung Utara. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Kushartanti, dkk.2009. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Lubis, Dini Aida. 2014. Analisis Relasi Makna Bahasa Iklan Dalam Media Massa. (Tesis). Medan. UMN

Mumtaz, Fairuzul. 2020. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru

Mustofa, Amir. 2010. Analisis Wacana Percakapan “Debat TvOne”. (Skripsi). Surakarta. UNS

Nadar, F.X. 2009.Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nurfadillah.2020. Ketidaksantunan Berbahasa Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.(Skripsi).Makasar. Universitas Muhammadiyah Makasar

Puspita, Fitria Citra. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments Untuk Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup Pada Siswa SMP. (Skripsi). Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rohma, Aldila Fajri Nur. 2010. Analisis Penggunaan dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa di Terminal Giwangan Yogyakarta. (Skripsi). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. 2012. Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Sirait, Zulkarnain dan Cecep Maulana. 2021.Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Pada KonteksPercakapan Iklan Komersil di Radio. JBSI (Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia). Volume 1, Nomor 1

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rinneka Cipta

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), Cet. III, hlm. 17.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kesantunan_berbahasa

https://id.wikipedia.org/wiki/Presentasi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.110-124

Article Metrics

Abstract view : 648 times
PDF - 649 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id