ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL LEBIH SENYAP DARI BISIKAN KARYA ANDINA DWIFATMA: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA

Muliani Sari, Noni Andriyani

Abstract


Sosiologi sastra adalah penelitian yang mengkaji hubungan karya sastra dengan manusia dalam masyarakat dan proses sosialnya. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah sosiologi sastra aspek interaksi sosisal dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma, (2) bagaimanakah sosiologi sastra aspek kelompok sosisal dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma, (3) bagaimanakah sosiologi sastra aspek masalah sosisal dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan, menganalisis, menginterpretasi dan mengumpulkan data tentang  sosiologi sastra dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma aspek sosial. Teori utama yang digunakan ialah Sikana (1986), Soekanto (2015), serta teori pendukung lainnya. Data penelitian ini berupa kata, frasa, kalausa, kalimat, paragraf dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, jenis penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, mencari  fakta dengan interpretasi yang valid dalam menganalisis data dengan baik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik hermeneutik. Teknik analisis yang penulis gunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma pada data interaksi sosial terlihat dari para tokoh berinteraksi, adapun interaksi yang muncul ialah interaksi yang kurang baik yang tergambar dalam isi novel. Pada aspek kelompok sosial pengarang lebih banyak memperlihatkan gambaran perbuatan, perilaku kelompok sosial yang memiliki sebab-akibat yang dialami oleh tokoh Amara. Pada aspek masalah sosial dalam novel Lebih Senyap dari Bisikan karya Andina Dwifatma lebih banyak memperlihatkan permasalahan yang timbul akibat pergesaran antara adat istiadat/ kebudayaan dengan norma- norma agama yang berlaku di masyarakat.


Keywords


Sosiologi sastra; sastra; novel

Full Text:

PDF

References


Endraswara, S. (2013). Sosiologi Sastra Studi, Teori, dan Interpretasi.Yogyakarta: Ombak.

Endraswara,S. (2013). Metode Kritikan Sastra.Yogyakarta: Ombak

Faruk. (2014). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, D., & Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Bahasa, Satra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11-20

Kurniawan, H. (2012).Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Moleong.(2018).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Prahasti Yolanda, Rizki Kaana.2014. Analisis Sosiologi Sastra dalam novel Megat Karya Rida K Liamsi. Skripsi. Pekanbaru:Universitas Islam Riau.

Purnamasari, A. (2017). Analisis Sosiologi Sastra dalam Novel BEKISAR MERAH Karya Ahmad Tohari. Jurnal Ilmu Budaya 1(2), 141-150.

Putri, Permatasari. 2016. Analisis sosiologi sastra dalam novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata. Skripsi Pekanbaru:Universitas Islam Riau.

Rismayanti, N. W. (2020). Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Anna Farida. Jurnal Ilmu Budaya 1(9), 7-14.

Dewi, Rani Komala. (2020).Analisis Sosiologi Sastra Dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shiharazy.Skripsi.Pekanbaru:Universitas Islam Riau

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saidang, dkk. (2019). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalm Kelompok Sosial antara Pelajar. Jurnal Pendidikan. 3(2), 122-124

Sikana,Mana. Kritikan Satera Pendekatan dan Kaedah. Selangor:Fajar Bakti sdn.Bhd

Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pres.

Sutejo, K. (2016). Sosiologi Ssatra. Yogyakarta: Terakata.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.133-145

Article Metrics

Abstract view : 1449 times
PDF - 859 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id