KONFLIK TOKOH DAN PERWATAKAN DALAM NOVEL RAPIJALI 2 MENJADI KARYA DEE LESTARI

Iva Febbiyen Fitri, Noni Andriyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi konflik yang ditemukan dalam karya sastra, khususnya novel timbul karena hadirnya tokoh yang memiliki peranan penting dalam menyampaikan pesan cerita kepada pembaca. Sebuah novel memiliki tokoh-tokoh dengan karakteristik dan perwatakan yang berbeda-beda. Masalah dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimanakah konflik eksternal dan konflik internal dalam novel Rapijali 2 Menjadi karya Dee Lestari? 2) Bagaimanakah cara penggambaran perwatakan tokoh dalam novel Rapijali 2 Menjadi karya Dee Lestari? Tujuan penelitian ini untuk menemukan konflik eksternal dan internal tokoh dalam Novel Rapijali 2 Menjadi karya Dee Lestari dan Mengetahui cara penggambaran perwatakan dalam novel Rapijali 2 Menjadi karya Dee Lestari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Konflik eksternal adalah konflik yang terjadi antara seorang tokoh dengan sesuatu yang di luar dirinya, mungkin dengan lingkungan alam mungkin lingkungan manusia. Dengan demikian, konflik eksternal dapat dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu konflik fisik dan konflik sosial (Nurgiyantoro, 2015:181), Konflik internal adalah konflik yang terjadi dalam hati, jiwa seorang tokoh (atau: tokoh-tokoh) cerita (Nurgiyantoro, 2015:181). Nurgiyantoro (2013:278-296) cara menggambarkan watak tokoh sebagai berikut: 1) Ekspositoris (Analitik) yaitu pelukisan tokoh cerita dilakukan dengan memberi deskripsi, uraian, atau penjelasan secara langsung. 2) Teknik dramatik, menggambarkan apa dan siapa tokoh itu secara tidak langsung tetapi melalui aktivitas yang dilakukan baik secara verba dan non verba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik hermeneutik dan dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data dalam novel Rapijali 2 karya Dee Lestari di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat konflik tokoh dan perwatakan. Konflik tokoh yang terdapat dalam novel Rapijali 2 karya Dee Lestari berupa konflik eksternal konflik internal serta cara pengarang menggambarkan perwatakan yang terdapat dalam novel Rapijali 2 karya Dee Lestari terdapat secara analitik dan dramatik.

 


Keywords


konflik tokoh; konflik eksternal; konflik internal; perwatakan; analitik; dramatik

Full Text:

PDF

References


Adhitya, Dea. 2010. Memahami Novel. Bogor: Quadra.

Aminuddin. 20113. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Cahyani, W.N. 2019. Analisis kepribadian dan konflik batin tokoh utama dalam novel Critical Eleven karya Ika Naatassa (Sebuah Kajian Psikologi Sastra). Skripsi. Semarang: Universita Diponegoro.

Depdiknas. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Devi, Novia Isfa. 2021. Teknik Pelukisan Analitik dan Dramatik pada Tokoh Utama dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburahman El Shizary. Belajar Bahasa. 6.1.

Endaswara, Suwardi. 2011. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps.

Endaswara, Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Caps.

Hamidy, U.U. 2012. Pembahasan Karya Fiksi dan Puisi. Pekanbaru: Bilik Kreatif Press.

Hamidy, U.U. dan Edi Yusrianto. 2003. Metodologi Penelitian Disiplin Ilmi-Ilmu Sosial dan Budaya. Pekanbaru: Bilik Kreatif Press.

Lestari, Dee. 2021. Rapijali 2 Menjadi.Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Melati, dkk. 2019. Analisis Konflik Tokoh dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan pendekatan Psikologi Sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2.2.

Minderop, Albertine. 2005. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan-32. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nisak, K. 2019. Analisis perwatakan tokoh utama pada novel Anak-Anak Tukang karya Baby Ahnan dalam Molar Molekular: Tinjauan Psikologi Sastra. Prosiding SENASBASA. 3.2.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurma, dkk. 2022. Konflik dan Watak Tokoh dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Educatio. 8.2.

Pemila, Meysi Olivia. 2021. Analisis Konflik Tokoh dalam Novel Pak Guru Karya Awang Surya. Journal of Language Education, Linguistics, and Culture. 1.1.

Risella, dkk. 2012. Perbandingan Penokohan Larung Karya Ayu Utami dengan Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1.1.

Semi, Atar. 1994. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.

Serge, M. 2022. The World of Conflicts in Chinua Achebe’s No Longer At Ease. IJLLT (International Journal of Linguistics, Literature and Translation). 5.7.

Sudjiman, Panuti. 1992. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukada, Made. 1993. Pembinaan Kritik Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.

Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarjo, Jakop dan Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Sumartini, dkk. 2019. Konflik Tokoh Utama dalam Novel Re: Karya Maman Suherman: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia. 8.1.

Suri, L., dkk. 2022. Social Conflict and Moral Values of Novel Si Anak Badai by Tere Liye the Study of Literature Sociology. International Journal of Multicultural. 9.7.

and Multireligious Understanding

Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Taum, Yoseph Yapi. 1997. Pengantar Teori Sastra. Bogor: Nusa Indah.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1992. Teori Kesusastraan. (Terj. Melani Budianta) Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.83-94

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 506 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id