PENGARUH PENERAPAN METODE COOVERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKAT KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT MAJEMUK DALAM PARAGRAF OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 BADAR TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode cooperative script untuk meningkatkan kemampuan memahami kalimat majemuk dalam paragraph oleh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Badar Tahun Pembelajaran 2018-2019. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Badar yang berjumlah 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX – C yang berjumlah 22 siswa dan IX-D berjumlah 26 siswa. Menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh nilai rata-rata tes awal kemampuan memahami kalimat majemuk dalam paragraph adalah sebesar 41,04 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 12,16 dan mengalami peningkatan pada hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 73,13 dengan standar deviasinya sebesar 7,55. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 15,50 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5 % adalah 2,02 dengan demikian thitung > ttabel atau 15,50 > 2,02 maka hipotesis diterima. Sehingga diketahui adanya pengaruh yang signifikasi pada penerapan metode cooperative script untuk meningkatkan kemampuan memahami kalimat majemuk dalam paragraph oleh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Badar Tahun Pembelajaran 2018-2019.
Kata kunci: metode cooperative script, kalimat majemuk, paragraf.
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Peneli-tian Suatu Pendekatan Praktik. Ja-karta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2009. Penelitian Tin-dakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara. Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Insan Mulia.
Hamalik, Omar. 2000. Proses Belajar Men-gajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hatimah, I. 2000. Strategi dan Metode Pem-belajaran. Bandung : Adira.
Ibrahim, 2002. Pembelajaran Kooperatif . Surabaya : UNESA-University Press.
Isjono. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yo-gyakarta : Pustaka Belajar.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Pedia Persada.
Karim, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. Bahagia.
Keraf. Goris .2010. Komposisi. Jakarta : Gramedia.
Krida, Laksana Harimurti. 2002. Analisis Wacana. Yogyakarta : Tiara Wacana.
KBBI. 2002. Depertemen Pendidikan Na-sional Edisi Ke-3. Jakarta Balai Pus-taka.
Miftahul, Ala. 2011. Quantum Teavhing. IByOGYAKARTA Diva Press.
Nana, Sujana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nanang, Martono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Se-kunder. Jakarta : Rajagrafindo.
Segala, S. 2003. Media Pembelajaran. Ja-karta : Raja Grafindo Persada.
Soekono, Wirjosoedarmo. 2001. Tata Baha-sa Indonesia. Jakarta: GramediaPus-takan Utama.
Soetomo. 2003. Dasar-Dasar Interaksi Be-lajar Mengajar. Surabaya : Usaha.
Sudjana, 2002. Metode dan Teknis Pembela-jaran Partisipatif. Bandung : Torsito.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuanti-tatif dank UALITATIF. Bandung. CV Alfabeta.
Sugiyono. 2010. STATISTIKA Untuk PE-NELITIAN. Bandung : ALFABE-TA.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana.
Winarno, Surakhmad. 2002. Pengantar Pe-nelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung : Tarsito.
Yatim, Riyanto. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya : penerbit SIC.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v4i2.101-111
Article Metrics
Abstract view : 424 timesPDF - 271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id