PENERAPAN APLIKASI PEMBELAJARAN KESANTUNAN BERBAHASA BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI TERAPI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA SISWA SMK N 7 MEDAN

Rusyda Nazhirah Yunus, Ranti Eka Putri

Abstract


Fenomena anak-anak Generasi Z yang terbiasa dengan kemudahan teknologi namun cenderung individualistis membutuhkan keseimbangan pengetahuan dan keterampilan sebagai dasar sumber daya manusia yang unggul untuk menjawab perubahan zaman. Mengembangkan keterampilan kesantunan verbal melalui self-dwelling berbasis pengetahuan adalah suatu keharusan. Siswa generasi Z kurang sopan dari sebelumnya. Hal ini tercermin dari ungkapan dan kalimat yang kita gunakan saat mengungkapkan pendapat dan perasaan kita melalui media sosial. Kebiasaan mahasiswa masa kini yang sering kita dengar, baca, dan lihat adalah mudahnya mereka mengeluarkan kata-kata kasar dan ujaran kebencian, terkadang dibarengi dengan bumbu persahabatan yang miris. Fenomena ini menunjukkan penurunan kesantunan linguistik yang tidak hanya terkait dengan pilihan kata dan frase tetapi juga konvensi sosial global dan informasi yang mempengaruhi budaya, khususnya nilai kesantunan. Pada akhirnya, mereka memiliki aturan kebahasaan yang dianggap otoritatif, terlepas dari aturan kebahasaan yang sebenarnya.Subyek survei ini adalah siswa SMKN 7 Medan.dan bagaimana mendokumentasikannya. Hasil penelitian ini adalah isi pembelajaran sopan santun, cara menghargai dan mencintai, cara berbicara benar, cara mengucapkan pujian, cara menyapa dan menyapa, cara memberi komentar, cara mengungkapkan perasaan simpati, cara meminta maaf, cara hingga Cara penggunaan bahasa nonverbal, semua itu disampaikan dalam model animasi agar murid SMKN 7 lebih menyukai dalam kegiatan aktivitas belajar kesantunan berbahasa.


Keywords


Kesantunan Berbahasa, Pembelajaran, Aplikasi Digital

Full Text:

PDF PDF

References


Cresswell, John.W,2009 ResearchDesign; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.Singapore: SAGE,

Hardiyanto, Fahrudin Eko Hardiyanto. Pelanggaran kesantunan Berbahasa Anak-Anak SMP dalam Berinteraksi di Luar Kelas dengan Guru dan Teman Sebaya (Kajian Sosiopragmatik pada Siswa SD-SMP Satu Atap Rogoselo): Jurnal Ilmiah Cendekia

Hasan, M. Iqbal, 2002. Pokok-pkok Materi Metodologi Penelitian and Aplikasinya. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Hamidah. 2017. Kesantunan Berbahasa sebagai Upaya Meraih Komunikasi yang Efektif.

Haryanti, Kasdi. 2015. Berbahasa Santun Bermula dari Keteladanan. http://keterampilanberbicara.blogs pot.co.id

Leech.G 2014. The Pragmatics of Politeness. Oxford: Oxford University Press

Leech.G 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Penterjemah. MD. D. Oka. Jakarta: Universitas Indonesia.

Megawangi, Ratna. 2010. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah; Pengalaman Sekolah Karater. Makalah IHF. Jakarta

Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutiyono.2013. Peran Sekolah dan Keluarga dalam Membentuk Karakter Siswa.

Suprihatin. 2014 . Pembelajaran Kesantuan Berbahasa untuk Penanaman Pendidikan Karaktr bagi Siswa di SMP . Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setiawan, H. dan Rois, S. 2017. Wujud Kesantunan Berbahasa Guru: Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Jurnal Gramatika, 3 (2), 145-161.

Sumarsono dan Paina. 2002. Sosolinguistik. Yogyakarta: Sabda




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.70-76

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 629 times PDF - 424 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id