PENERAPAN APLIKASI PEMBELAJARAN KESANTUNAN BERBAHASA BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI TERAPI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA SISWA SMK N 7 MEDAN
Abstract
Fenomena anak-anak Generasi Z yang terbiasa dengan kemudahan teknologi namun cenderung individualistis membutuhkan keseimbangan pengetahuan dan keterampilan sebagai dasar sumber daya manusia yang unggul untuk menjawab perubahan zaman. Mengembangkan keterampilan kesantunan verbal melalui self-dwelling berbasis pengetahuan adalah suatu keharusan. Siswa generasi Z kurang sopan dari sebelumnya. Hal ini tercermin dari ungkapan dan kalimat yang kita gunakan saat mengungkapkan pendapat dan perasaan kita melalui media sosial. Kebiasaan mahasiswa masa kini yang sering kita dengar, baca, dan lihat adalah mudahnya mereka mengeluarkan kata-kata kasar dan ujaran kebencian, terkadang dibarengi dengan bumbu persahabatan yang miris. Fenomena ini menunjukkan penurunan kesantunan linguistik yang tidak hanya terkait dengan pilihan kata dan frase tetapi juga konvensi sosial global dan informasi yang mempengaruhi budaya, khususnya nilai kesantunan. Pada akhirnya, mereka memiliki aturan kebahasaan yang dianggap otoritatif, terlepas dari aturan kebahasaan yang sebenarnya.Subyek survei ini adalah siswa SMKN 7 Medan.dan bagaimana mendokumentasikannya. Hasil penelitian ini adalah isi pembelajaran sopan santun, cara menghargai dan mencintai, cara berbicara benar, cara mengucapkan pujian, cara menyapa dan menyapa, cara memberi komentar, cara mengungkapkan perasaan simpati, cara meminta maaf, cara hingga Cara penggunaan bahasa nonverbal, semua itu disampaikan dalam model animasi agar murid SMKN 7 lebih menyukai dalam kegiatan aktivitas belajar kesantunan berbahasa.
Keywords
References
Cresswell, John.W,2009 ResearchDesign; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.Singapore: SAGE,
Hardiyanto, Fahrudin Eko Hardiyanto. Pelanggaran kesantunan Berbahasa Anak-Anak SMP dalam Berinteraksi di Luar Kelas dengan Guru dan Teman Sebaya (Kajian Sosiopragmatik pada Siswa SD-SMP Satu Atap Rogoselo): Jurnal Ilmiah Cendekia
Hasan, M. Iqbal, 2002. Pokok-pkok Materi Metodologi Penelitian and Aplikasinya. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Hamidah. 2017. Kesantunan Berbahasa sebagai Upaya Meraih Komunikasi yang Efektif.
Haryanti, Kasdi. 2015. Berbahasa Santun Bermula dari Keteladanan. http://keterampilanberbicara.blogs pot.co.id
Leech.G 2014. The Pragmatics of Politeness. Oxford: Oxford University Press
Leech.G 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Penterjemah. MD. D. Oka. Jakarta: Universitas Indonesia.
Megawangi, Ratna. 2010. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah; Pengalaman Sekolah Karater. Makalah IHF. Jakarta
Pranowo. 2009. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutiyono.2013. Peran Sekolah dan Keluarga dalam Membentuk Karakter Siswa.
Suprihatin. 2014 . Pembelajaran Kesantuan Berbahasa untuk Penanaman Pendidikan Karaktr bagi Siswa di SMP . Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
Setiawan, H. dan Rois, S. 2017. Wujud Kesantunan Berbahasa Guru: Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Jurnal Gramatika, 3 (2), 145-161.
Sumarsono dan Paina. 2002. Sosolinguistik. Yogyakarta: Sabda
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.70-76
Article Metrics
Abstract view : 1030 timesPDF - 635 times PDF - 424 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id