PENGGUNAAN KATA DAN ISTILAH BAHASA INGGRIS PADA PROMOSI PENJUALAN “ON LINE” UNTUK MENINGKATKAN ANGKA PENJUALAN PRODUK UMKM DESA KLAMBIR LIMA KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK

Fitri Ayu

Abstract


Bahasa Inggris adalah Bahasa internasional yang penting untuk dikuasai oleh siapapun khususnya di era 5.0 saat ini. Dengan menguasai Bahasa Inggris maka dunia akan bisa dikuasai dalam genggaman. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa penelitian ini mengambil kajian tentang penggunaan Bahasa Inggris ini dilakukan kepada para pelaku UMKM Desa Klambir Lima Kebun agar mereka mampu membuat promosi- promosi menggunakan beberapa kata atau istilah Bahasa inggris sehingga produk yang mereka hasilkan lebih berdaya saing. Selain Bahasa Inggris, hal lain yang juga mejadi fokus dari penelitian ini adalah tentang pembekalan pemasaran digital masing- masing para pelaku UMKM. Setelah itu, barulah semua para pelaku UMKM dimotivasi untuk membuat promosi- promosi sendiri di akun jualan on line mereka dengan menggunakan beberapa kata atau istilah Bahasa Inggris di dalamnya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data berupa wawancara, observasi dan catatan peneliti. Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan angka penjualan serta branding pada produk UMKM warga Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak

Keywords


Kata dan Istilah Bahasa Inggris, Promosi, On line

References


Syah, Putri Nurma. 2017. Tradisi Bangun Rumah pada Masyarakat Jawa di Desa Klambir Lima dalam Pandangan Islam dan Kristen. Medan: UINSU.

Dunia Pendidikan Dalam Revolusi 5.0. 2021. http://www.smkpgri1kotabogor .sch.id/berita/detail/dunia-pendidikan-dalam-revolusi-industri-50 diakses pada 01 Agustus 2022 Pukul 20.00.

Mengenal Lebih Jauh tentang Society 5.0.2021. https://onlin elearning.binus. ac.id /2021/04/19/mengenal-lebih-jauh-tentang-society-5-0/ diakses pada 01 Agustus 2022 Pukul 20.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i2.384-392

Article Metrics

Abstract view : 553 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id