PENCEGAHAN PENYIMPANGAN SEKSUAL DENGAN PROGRAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS KELAS IIA GUNUNG SINDUR

Wisnu Lintang Priaji

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah petugas pemasyarakatan. Objek penelitian ini adalah program pembinaan kerpibadian yang di laksanakan di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur. Narasumber dalam penelitian ini adalah petugas pemasyarakatan dan warga binaan pemasyarakatan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan mencari informasi dan beberapa sumber atau narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil deskriptif wawancara dengan warga binaan pemasyarakatan dan petugas pemasyarakatan di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur. (2) Pemberian program pembinaan kepribadian yang dilakukan oleh Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melaksanakan program pembinaan kepribadian di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur (4) Upaya pencegahan penyimpangan seksual di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur. (5) Keberhasilan dan penghambat upaya pencegahan penyimpangan seksual di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur.


Keywords


pembinaan, pencegahan, penyimpangan, seksual

Full Text:

PDF

References


Yesmil Anwar, Kriminologi, Bandung : PT Refika, 2009. Moeljatno, Asas-Asas

Hukum Pidana, Jakarta : Bina Aksara, 2000.

Barda Nawawi Arief dan Bunga, Rampai Kebijakan Hukum Pidana, Jakarta : Prenada Media Group, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2016).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2017).

Dindin sudirman. (2002). sikap narapidana dan tahanan terhadap perilaku seksualnya: studi tentang penyimpangan seksual di Lembaga Pemasyarakatan/ Rumah Tahanan Negara. Universitas Indonesia.

Chaplin, J.P, Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan : Kartini Kartono. Bandung : PT Grafindo Persada, 2000.

Hawari, Dadang, Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa.Yogyakarta : PT. Dana Bhakti Prima Yasa, 2006.

M. Marwan, SH, Kamus hukum dictionary oflaw complete edition, Surabaya, Realitypublisher, 2007.

Muladi, Hak Asasi Manusia Hakekat Konsep dan Implikasinya dalam Perspektif Hukum dan Masyarakat, Bandung : PT Refika Aditama (2009).

M. Elly dan Usman. Penyimpangan seksual semarang : Gralia indonesia (2011).

B. Jurnal

Retnaningsih, Setyaningsih, Peilaku Seksual Remaja Retardasii Mental, Jurnal Psikologi Proyeksi, vol.4 no 2 (2016)

Apriani, Anita, Pelaksanaan Cuti Mengunjungi Keluarga dan Cuti Menjelang Bebas sebagai Hak Terhadap Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pekanbaru, Jurnal online Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau, vol.9 (2015)

Febrya, I. W. V., Elmirawati, E. Analisis Faktor Penyebab Orientasi Seksual Menyimpang Pada Narapidana Perempuan di Lapas Klas IIA Pekanbaru. Jurnal SISI LAIN REALITA, vol.2 no 2 (2017)

Dindin sudirman. (2002). sikap narapidana dan tahanan terhadap perilaku seksualnya: studi tentang penyimpangan seksual di Lembaga Pemasyarakatan/ Rumah Tahanan Negara. Thesis Universitas Indonesia.

Tanoso, Fausia Isti (2012) kebijakan Conjugal Visit sebagai pemenuhan Hak Bagi Narapidana. Depok. Thesis Universitas Indonesia

ACHMAD, MUHAMMAD ROYEN JANUARTO (2017) ANALISIS TERJADINYA PENYIMPANGAN SEKS NARAPIDANA KARENA TIDAK TERPENUHINYA KEBUTUHAN SEKSUAL (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Gunung Sindur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Suya.co.id, Berita Bogor Ratusan Pelajar dan Mahasiswa di Bogor terjangkit penyakit suka sesama jenis yang makin marak. Laman web surya.co.id, diakses terakhir 28 April 2020 pukul 21.00 WIB

Andreas Gerry Tuwo, Liputan6.com , diakses terakhir 24 Mei 2017 pukul 08.00 WIB

https://www.liptan6.com/global/read/2963642/4-kasus-lgbt-di-indonesia-yang-dsorot-dunia#

Perdana, jawapos.com , diakses terakhir 23 September 2019 pukul 16.00WIB

https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/09/23/157293/penyimpangan-seksual-di-balik-jeruji-besi-disiksa-malah-ketagihan

Dinillah, Mukhlis, detiknews, diakses terakhir 10 Juli pukul 10.00 WIB 2019

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4618273/ragam-gerak-gerik-napi-gay-penghuni-penjara-di-bandung

Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, ayat 1, pasal 14.

Muhammad Guntur Hartotrisno, "Analisis Kriminologis Terhadap Penyimpangan Seksual Sesama Jenis oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Wayhui Lampung Selatan", skripsi, Lampung, Fakultas Hukum, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i5.2681-2699

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora