INOVASI PELAYANAN KUNJUNGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB ARGA MAKMUR
Abstract
Artikel ini membahas tentang inovasi pelayanan kunjungan pada masa pandemi covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Arga Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang mekanisme dan prosedur inovasi pelayanan kunjungan “TILANG MANTAN (Titipan Langsung Barang dan Makanan bagi Narapidana dan tahanan)” pada masa pandemi Covid-19 di Lembaga Pemasyaraatan kelas IIB Arga Makmur serta mengidentifikasi dampak postif dan dampak negatif dari adanya inovasi pelayanan kunjungan ini. Penelitian ini menggunakan spesifikasi deskriptif kualitatif. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memanfaatkan pengumpulan informasi secara mendalam. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan kunjungan ini memiliki dampak positif baik pada diri WBP sendiri serta sistem pembinaan dan pengaman yang ada di Lapas. Sedangkan dampak negatifnya adalah timbulnya kekhawatiran dari WBP yang berada di dalam lapas akan penularan virus corona melalui barang dan makanan yang dititipkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahari, A. F. (2020). Analisis Kualitas Layanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Narapidana Di Lapas Narkotika Kelas II A Pamekasan. Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(1), 84–102.
Erwinton, H. (2020). PELAYANAN PUBLIK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ( Studi Layanan Publik Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Cibinong
). Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(4), 775–782.
Fernando, R., Buntuang, V., & Pemasyarakatan, P. I. (2020). KUALITAS PELAYANAN KUNJUNGAN BERBASIS SISTEM DATABASE
PEMASYARAKATAN. Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(3), 458–466.
Hasanah, Y. N. (2020). PERANAN KUNJUNGAN KELUARGA TERHADAP UPAYA PENANGGULANGAN GANGGUAN PSIKOLOGIS BAGI NARAPIDANA (STUDI KASUS PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN
WANITA KLAS IIA TANGERANG). Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 434–443.
Permana, R. A., & Rudatyo, H. M. (2017). Pelaksanaan Sistem Layanan Kunjungan Bagi Warga Binaan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Kepada Publik Berdasarkan Uu No 12 Tahun 1995. Universitas Islam Batik Surakarta, 12, 106–117.
Siswidiyanto5, E. H. T. D. S. S. N. R. F. H. (2019). IMPLEMENTASI LAYANAN KUNJUNGAN BERBASIS IT UNTUK PENGUNJUNG LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KARAWANG Eko. Jurnal Rekayasa
Informasi, 8(2), 80–87.
Sugianto, Nasrun Hipan, M. D. M. (2018). ANALISA YURIDIS PELAKSANAAN HAK KUNJUNGAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB LUWUK. Journal of
Chemical Information and Modeling, 2(2), 1689–1699.
Sutra, B. M. (2020). PERAN KUNJUNGAN KELUARGA TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIB PANGAKALAN BUN.
Jurnal Ilmiah Ndonesia, 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian- palm-oil-industry/
Widodo, S. (2019). Implementasi Pelayanan Pengunjung Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iib Kota Blitar. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 2(1), 57–61. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v2i1.208
Wijaya, I. A. (2021). LAYANAN KUNJUNGAN PADA MASA PANDEMI COVID-
DI RUTAN KLAS IIB BANJARNEGARA. Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 8(1), 166–173.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i5.2671-2680
Article Metrics
Abstract view : 50 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora