ANALISIS IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG DALAM PELATIHAN CORPORATE UNIVERSITY DI PT BRI (Sudi Kasus Corporate University PT. BRI Ditinjau dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional)

Matthew Aurellio Yobel

Abstract


Corporate University merupakan suatu metode pelatihan pekerja yang sedang digemari oleh berbagai perusahaan atau korporasi saat ini, salah satunya adalah menjadi fokus penelitian ini yakni PT BRI. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi Undang-Undang dan PP yang berkaitan terhadap Program Pelatihan CropU oleh PT BRI. Pada penelitian kali ini, penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan juga pendekatan konseptual. Penulis juga menggunakan bahan hukum atau data yang didapatkan dengan metode studi Pustaka, dengan bahan primer berupa peraturan perundangan dan PP, dan juga untuk bahan sekunder menggunakan hasil penelitian dengan tema yang sama atau berkaitan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, BRI CorpU berhasil mengimplementasikan Undang-Undang dan PP yang berkaitan dengan program pelatihan CorpU milik BRI, namun terdapat kekurangan dalam bagian instruktur yang tidak baik.


Keywords


Corporate University, PT BRI, BRI CorpU, Undang-Undang ASN, Implementasi Undang-Undang

Full Text:

PDF

References


Arimurti, P.N., Hapsari, S.W., Oktavianingtias, E., & Zakiyah, B. “Corporate University Sebagai Pengembangan Diklat Dalam Upaya Meningkatan Kemampuan Sdm Berkualitas”. (2020). Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), hlm. 1, 7.

Fauziah, N.M., Prasetyo, A.W. “ASN Corporate University: Sebuah Konsep Pendidikan Dan Pelatihan Pada Era Disruptif”. (2019). Civil Service, hlm. 51, 62.

Haris, I. A., et al. “Pengaruh Rekruitmen, Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Danamon Indonesia TBK”. (2020) Jurnal Ilmiah Nasional, hlm. 56, 74.

Hussein, R.C.S., Said, L.R., & Rahmawati, R. “Pengaruh Partisipasi Karyawan Pada Pelatihan PLN Corporate University Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Karyawan”. (2016) Jurnal Wawasan Managemen, hlm. 139, 151.

Muhammad, R., B. “Penerapan Action Control Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pengajaran Pada BRI Corporate University Campus Surabaya”. (2018) Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, hlm. 732, 747.

Putra, A.A., Pradhanawati, A & Widiartanto. “Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Telkom Corporate University PT Telkom Indonesia”. (2017) Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, hlm. 1,9.

Rachman, N.M. “Analisis Strategi Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Perdagangan Menuju Corporate University”. (2019) Jurnal Cendekia Niaga, hlm. 8, 28.

Widyastika, Y. “Kesiapan Lembaga Pelatihan Pemerintah Menjadi Corporate University (Studi Kasus di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Ketenagakerjaan)”. (2020). Jurnal Bina Ketenagakerjaan, hlm. 65, 83.

Yuniarto, A., Hubeis, A.V., & Sukmawati, A. “Faktor-Faktor Kunci Kesuksesan Implementasi Corporate University Dalam Rangka Transformasi Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan”. (2019). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), hlm. 466, 477.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i6.1458-1466

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora