LEGALITAS AKTA NOTARIS YANG DIBUAT DALAM KONSEP CYBER NOTARY DI MASA DARURAT KESEHATAN

Rezky Aulia Yusuf, Nur Azisah, Muhammad Aswan

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Legalitas Akta Notaris Yang Dibuat Dalam Konsep Cyber Notary Di Masa Darurat Kesehatan. Tipe Penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah penelitian hukum normatif (normative legal research) penelitian untuk menguji suatu norma atau ketentuan yang berlaku. Juga dapat dikatakan sebagai penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Penelitian hukum doktrinal. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan konseptual.

Berdasarkan apa yang telah dijabarkan pada bab-bab sebeumnya, maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut Akta Notaris yang dibuat dengan menggunakan cyber notary di masa darurat kesehatan tidak memiliki legalitas dan bernilai sebagai akta di bawah tangan. Hal ini karena tidak ada dasar hukum yang mengatur tentang cyber notary dalam pelaksanaan jabatan Notaris, kecuali pada pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan Terbatas dan dalam pelaksanaan administrasi pendaftaran serta pengesahan status badan hukum.


Keywords


Cyber Notary, Notaris, Darurat Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Achmad Ali, Menguak teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judicialprudence) Termasuk Interpretasi Undang-Undang (Legisprudence), Cetakan ke- 3, Kencana, Jakarta, 2010.

Ahmadi Miru, Sakka Pati, Hukum Perikatan: Penjelasan Makna Pasal 1233 sampai 1456 BW, Rajawali Pers, Jakarta, 2014.

Alif Nabila Erani,Jihan Anjania Aldi, Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak ekosob Pada Saat Darurat Kesehatan, Jurnal Retrieval, Volume 1 Nomor 1, Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Surakarta, November-2021.

Andi Suci Wahyuni Urgensi Kebutuhan Akta Autentik Dimasa Pandemi COVID-19, Jurnal Hukum dan Dinamika Masyarakat, Volume 18 Nomor 1, Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus Tahun 1945, Semarang, Oktober-2020.

Basri Effendi, Tafsir Konstitusi Negara Dalam Keadaan Darurat (State Of Emergency) Dalam Menghadapi Darurat Kesehatan Masyarakat, Jurnal Transformasi Administrasi, Volume 10 Nomor 1, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara– RI (Puslatbang KHAN LAN RI), Aceh, Juli-2020.

Brillian Thioris, 2020. Kajian Yuridis Terhadap Ketidakseragaman Peliburan Kantor Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Dalam Kaitan Dengan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB), Jurnal Hukum yang diakses melalui: jurnalhukum.com/penutupan-kantor-notaris-ppat-selama-psbb/, yang diakses pada Tanggal 26 November 2020, pada Pukul 15: 35 WITA.

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Bali, Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi COVID-19, diakses melalui: https://www.diskes.baliprov.go.id/adaptasi- kebiasaan-baru-di-masa-pandemi-COVID-19/, pada hari Jumat, 19 Februari 2021, pukul 21:20 WITA.

Edmon Makarim, Modernisasi Hukum Notaris Masa Depan: Kajian Hukum Terhadap Kemungkinan Cyber Notary di Indonesia, Jurnal Hukum dan Pembangunan, Volume 41 Nomor 3, Fakultas HUkum, Universitas Indonesia, 2011.

.

Edmon Makarim, Notaris dan Transaksi Elektronik: Kajian Hukum tentang Cybernotary atau Electronic Notary, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 2020.

Fadhila Rizqi, Siti Nurul Intan Sari D, Implementasi Cyber Notary Di Indonesia Ditinjau Dalam Upaya Reformasi Birokrasi Era 4.0, Jurnal Hukum dan Kenotariatan, Volume 5 Nomor 1, Program Pasca Sarjana, Universitas Islam Malang, 2021.

Hasil wawancara dengan Andi Sengngeng Pulaweng Salahuddin, SH., M.Kn, selaku Notaris di Kota Makassar, pada Tanggl 21 Januari 2021, pukul 11: 25 WITA.

Hasil wawancara dengan Bapak Hans Tantular Trenggono, SH., selaku Notaris di Kota Makassar, pada Tanggal 30 Desember 2020, pukul 15:44 WITA.

Hasil wawancara penulis dengan Ibu Andi Sengngeng Pulaweng Salahuddin, SH., M.Kn, selaku Notaris Kota Makassar, pada Tanggal 21 Januari 2021, pukul 10:20 WITA.

Hasil wawancara penulis dengan Ibu H. A. Lola Rosalina, SH selaku Notaris di Kota Makassar, pada Tanggal 14 Januari 2021, pukul 14:32 WITA.

Irwansyah, 2020, Penelitian Hukum (Pilihan Metode dan Praktik Penulisan Artikel), Yogyakarta: Mira Buana Cetakan 1.

Kompas.com, Virus Corona Diduga Menyebar di Cina pada Agustus 2019, diakses dari: https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/10/100300023/virus-corona-diduga- menyebar-di-china-sejak-agustus-2019-ini-buktinya, pada Tanggal 25 Agustus 2020.

Lili Rasjidi, Dinamika Situasi dan Kondisi Hukum Dewasa Kini dan perspektf Teori dan Filosofi. Bagian Tulisan Kapita Selekta Hukum “Tinjauan Kritis atas Perkembangan Hukum Masyarakat di Indonesia” Tim Universitas Padjajaran, Widya Padjajaran, Bandung, 2005.

Mohammad Amri Gede, Nurfaidah Said, Muhammad Ilham Arisaputra, Kekuatan Hukum Irah-Irah Eksekutorial Pada Grosse Akta Sebaga Dasar Eksekusi Jaminan, Universitas Kendari, Jurnal. Halu Oleo Law Review, Volume 14, No. 1 Tahun 2020.

RA. Emma Nurita, Cyber Notary: Pemahaman Awal dalam Konsep Pemikiran, Refika Aditama, Bandung, 2012, hal. xii.

Regina Ardyah P.A. dan Vena Pricilia dalam Kaltim Today, Penemuan Hukum Digitalisasi Notaris Sebagai Upaya Untuk Memaksimalkan Profesia Kenotariatan di Indonesia, diakses melalui: https://kaltimtoday.co/penemuan-hukum-digitalisasi-notaris- sebagai-upaya-untuk-memaksimalkan-profesi-kenotariatan-di- indonesia/, pada Tanggal 20 Februari 2021, pukul 17:14 WITA

Sita Arini Umbas, Kedudukan Akta Di Bawah Tangan yang Telah Dilegalisasi Notaris Dalam Pembuktian di Pengadilan, Jurnal Lex Crime, Volume VI Nomor 1, Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi, Manado, Februari-2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i5.1344-1360

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora