UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK KHUSUS BAGI NARAPIDANA PEREMPUAN DALAM KEADAAN HAMIL

Jhody Raehandi Ramadhan

Abstract


Pemberian hak kepada narapidana merupakan hal yang harus di penuhi terutama kesehatan narapidana yang pada umumnya banyak mengalami berbagai macam penyakit. Serta masih bercampurnya  tempat  narapidana laki-laki dan perempuan di Lapas umum yang hanya di bedakan dengan lokasi Blok yang di khususkan untuk perempuan. Hal ini menjadi faktor utama adanya pelayanan kesehatan bagi narapidana khususnya narapidana perempuan yang memiliki perhatian khusus apabila saat hamil atau merawat bayi. Maka dari itu di lakukan pemberian pelayanan khusus bagi narapidana perempuan yang sedang hamil atau merawat bayi. Maka dari itu di bedakannya Lapas umum dan Lapas khusus perempuan karena akan mempermudah dalam pelayanan kesehatan bagi narapidana perempuan. Selain itu adanya petugas yang berkompeten dalam bidang kesehatan sangat penting Sehingga pelayanan dan akses kesehatannya pun juga berbeda di karenakan kebutuhan reproduksi wanita lebih kompleks dan memiliki siklus yang berbeda dibandingkan pria.. Maka dari itu di butuhkan dokter atau bidan yang memang berkompeten dalam bidangnya dan ditambah dengan sarana prasarana yang memadai.


Keywords


Kesehatan, narapidana perempuan, hamil, pelayanan

Full Text:

PDF

References


Arifat, Nasiematul. 2018. Pemenuhan Hak atas Kesehatan dan Makanan yang Layak Bagi Warga Binaan Perempuan Mengandung (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta). Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FH Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Azalia, Larissa Evita. 2015. Pemenuhan Hak-Hak Khusus Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Hukum Unversitas Riau, 2(2), 1-14.

Farkhie, DT Ananda. 2018. Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap hak-Hak Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyaakatan. Jurnal Universitas Sumatera Utara, 1-47.

Fatony, Achmad, dkk. 2016. Efektivitas Pelaksanaan Hak Warga Binaan Perempuan dalam Mewujudkan Tujuan Pemasyarakatan: Studi Kasus Rumah Tahanan Klas IIA Jakarta Timur. Jurnal Hukum & Pembangunan, 45(3), 377.

Haekal, Teuku Iqbal, dkk. 2014. Pemenuhan Hak Narapidana Wanita yang Melahirkan di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 11-18.

Handayani, Yeni. 2012. Pemenuhan Hak Kesehatan atas Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Tangerang Periode Tahun 2011. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia Jakarta.

Hartini, Sri, dkk. 2015. Kebijakan Perlindungan Hak Asasi Narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Universitas Gajah Mada, 27(2), 286-299.

Indonesia, P. P. R. (2014). PP RI No. 61 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Reproduksi.

Kresnadari, A. PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK ATAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PEREMPUAN NARAPIDANA DALAM KEADAAN HAMIL (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta). Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, 6(2).

Session, T. S. (2005). Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination against Women.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i5.1269-1275

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora