PEMENUHAN HAK PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP NARAPIDANA WANITA HAMIL DI LAPAS/RUTAN

M. Aris Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak pelayanan kesehatan terhadap narapidana wanita hamil yang ada didalam Lapas/Rutan. Di dalam Undang-Undang Pemasyarakatan disebutkan didalam Pasal 14 bahwa narapidana diberikan hak-hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Metode yang digunakan didalam melakukan penelitian ni adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih kurangnya dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap wanita hamil didalam Lapas/Rutan, dikarenakan beberapa faktor yaitu ; minimnya ketersedian fasilitas tenaga medis, sulitnya mengakses layanan kesehatan, tidak sesuainya fasilitas kesehatan dengan wanita hamil, kualitas sarana-  prasarana yang masih jauh dari kata sempurna.



Keywords


Hak-hak Narapidana, Kesehatan, Narapidana, Lapas/Rutan

Full Text:

PDF

References


Andansari, Putri Amalia. (2014). Pemenuhan Hak Memperoleh Pelayanan Kesehatan Bagi Narapidana Wanita Yang Sedang Hamil (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA Malang).

Ketaren, Nellya. (2020). Pemenuhan Gizi Tahanan Wanita Hamil Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Pondok Bambu. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, Vil.10, No.1 Juni 2020.

Febe, Ester. (2019). PKBI Togyakarta Untuk Ibu Hamil di Penjara : Sebuah Perspektif Kesehatan Masyarakat.

Firmansyah, R., A.Rani, F., & Adwani, A. (2019). Pemenuhan Pelayanan Kesehatan dan Konsumsi Bagi Narapidana di Lapas dan Rutan. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 8(3), 433.

Putri, Elvi H.R. (2020). Pembinaan Narapidana Wanita Hamil di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta.

Dagi, Ovilia.F. (2017). Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Terhadap Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Widyastuti, Anita.A. (2018). Implementasi Hak dan Kewajiban Bagi Warga Binaan Wanita Hamil atau Menyusui Dalam Menjalani Masa Hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta.

Herliansyah, Ahmat.R. (2020). Implementasi Pemberian Hak Pelayanan Kesehatan dan Makanan yang layak bagi Narapidana. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol.7, No.1 tahun 2020, Hal 212-221.

Samawiyah, Hidayahtu, dkk. (2017). Evaluation of Health Services in Class II Prisoned Abepura . International Journal of Science and Healthcare Research, Vol.4, issue.1, jan-march 2019.

Arifat, Nasiematul. (2018). Pemenuhan Hak Atas Kesehatan dan Makanan Yang Layak Bagi Warga Binaan Perempuan Hamil (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i2.313-318

Article Metrics

Abstract view : 1956 times
PDF - 1458 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora