ANALISIS KINERJA PEMERINTAH DAERAH DALAM PENANGANAN ANAK TERLANTAR USIA SEKOLAH (Studi Pada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Batam)

Lenny Husna, Dedi Epriadi

Abstract


Berdasarkan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 34, anak terlantar diasuh oleh negara. Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang dalam perjalanannya mengalami perubahan. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, menegaskan bahwa konsekuensinya adalah pemerintah wajib melakukan segala upaya untuk memenuhi hak-hak anak Indonesia. Penelitian ini dilakukan karena jumlah anak terlantar semakin meningkat di Kota Batam, perkembangan anak terlantar semakin meningkat, terutama anak terlantar pada usia sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis data kualitatif. Populasi penelitian adalah Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Batam beserta tokoh masyarakat, anak terlantar dan masyarakat di Kota Batam. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Hasil penelitian tentang analisis kinerja pemerintah daerah dalam penanganan anak usia sekolah terlantar di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota Batam telah menjalankan kinerjanya dengan melakukan pendataan anak terlantar, memberikan pelayanan sosial bagi anak terlantar dan menitipkan anak terlantar. anak ke LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak), dan memberikan bantuan sosial anak terlantar.

Keywords


Pemerintah; Anak Jalanan; Usia Sekolah

Full Text:

PDF

References


Riko Riyanda, Kebijakan Program Pembinaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Anak Jalanan (Kajian Kasus Di Beberapa Daerah), Dialektika Publik, 2016.

Batampost.co.id, https://batampos.co.id/2019/06/10/tiga-lokasi-yang-kerap-didiami- pengamen-dan-anak-jalanan-di-kota-batam/, 2019.

Abdurrahmat fathoni,organisai dan manajemen sumberdaya manusia, Jakarta: Rineka cipta, 2006.

Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta, 2010.

Irwan Sandi Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak Terlantar Pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah,Jurnal Katalogis, Volume Nomor 5, 2016.

Elly Kuntjorowati, Model Perlindungan Sosial Anak Di Rumah Perlindungan Sosial Anak Bunga Rampai Kepulauan Riau, Jurnal Sosio Konsepsia, Volume 5 Nomor 3, 2016.

Isti Rochatun, Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengemis Di Kawasan Simpang Lima Semarang, Unnes Civic Education Journal,2012

Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang sosial, Gadjah Univercity Press. Yogyakarta, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasis, Bandung: Alfabeta 2010.

Moh. Nasir,. Metode penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta 2008.

Muhammad Idrus. Metode penelitian Sosial, Jakarta : Erlangga edisi kedua 2009.

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta : GP Press Group, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v7i4.865-870

Article Metrics

Abstract view : 1213 times
PDF - 858 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora