DAMPAK OVERCAPASITAS DALAM PEMENUHAN HAK BAGI NARAPIDANA PEREMPUAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

M.Tera Aprilian Raka Putra

Abstract


Dengan adanya pengaruh globalisasi pada saat ini jenis-jenis kegiatan kriminal semakin banyak mulai dari pencurian, perampokan hingga korupsi, pelaku dari tindak kejahatan sendiri akibat pengaruh perkembangan jaman saat ini tidak hanya pada kaum pria saja saat ini banyak kaum wanita yang menjalani hukuman di dalam Lapas. Lapas sendiri adalah tempat yang dibentuk untuk seseorang yang menjalani petusan pengadilan berupa pidana kurungan. Didalam menjalankan pidana tersebut terdapat beberpa kendala yang di hadapi oleh Lapas salah satunya adalah masalah Overkapasitas. Overkapasitas sendiri adalah masalah dimana keadaan jumlah narapidana didalam lapas melebihi kapasitas yang tersedia didalam lapas itu sendiri dampak yang di timbulkan dari overkapasitas ini sendiri salah satunya adalah kurang maksimalnya pemenuhan hak-hak yang di terima oleh narapidana terkhusus narapidana wanita , dimana narapida wanita memiliki hak-hak khusus seperti pelayanan kesehatan, pemberian makanan tambahan saat hamil hingga pemberian pembalut, hal tersebut belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan jumlah narapidana yang melebihi kapasitas yang ada

Keywords


hak narapidana perempuan

Full Text:

PDF

References


Angkasa. 2010. Over Capacity Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan, Faktor Penyebab, Implikasi Negatif, Serta Solusi Dalam Upaya Optimalisasi Pembinaan Narapidana. Jurnal Dinamika Hukum. 10 (3).

Anonim. t.t. Efektivitas Pelaksanaan Hak Warga Binaan Perempuan Dalam Mewujudkan Tujuan Pemasyarakatan: Studi Kasus Rumah Tahanan Klas II A Jakarta Timur.

Azalia, L.E. 2015. Pemenuhan Hak-Hak Khusus Narapidana Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pekanbaru. JOM Fakultas Hukum. 2 (2).

Haekal, T.I, Ali, Dahlan, dan Din, M. 2014. Pemenuhan Hak Narapidana Wanita Yang Melahirkan Di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Ilmu Hukum Pasca Sarjana Syah Kuala. 2 (2).

Handayani, Yeni. 2015. Perlindungan Hak Asasi Manusia Narapidana Wanita Dalam Instrumen Hak Asasi Manusia Internasional. Jurnal Rechts Vinding Media Pembinaan Hukum Nasional.

Hidir, A. dan Kartikowati, R.S. 2019. Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi Napi Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Provinsi Riau. Marwah Jurnal Perempuan Agama dan Jender.

Ilyas, I.L. t.t. Implementasi Pemenuhan Hak Mendapatkan Makanan Yang Layak Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar.

Minarwati D. 2019. Hak-Hak Narapidana Wanita di Lembaga Kemasyarakatan Kelas II A Watampone Perspektif Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Jurnal Al-Dustur. 2 (1).

Putra, D.G. 2018. Pelaksanaan Hak Narapidana Untuk Mendapatkan Makanan Yang Layak Di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Padang. Universitas Andalas.

Sanjaya, Rudi. 2018. Analisis Hak-Hak Narapidana Khusu Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Way Hui Bandar




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i3.75-81

Article Metrics

Abstract view : 569 times
PDF - 559 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora