PERAN PETUGAS PEMASYARAKATAN PADA PROSES PEMBINAAN NARAPIDANA DENGAN KASUS TERORISME DALAM MEWUJUDKAN REINTEGRASI SOSIAL

Farid Sandhika Quri, Padmono Wibowo

Abstract


Terorisme merupakan suatu tindak kejahatan yang berbahaya dan mengancam bagi bangsa dan negara Indonesia. Maraknya kasus terorisme di Indonesia diakibatkan paham radikal yang dianut oleh teroris tersebut. Seorang narapidana dengan kasus terorisme mempunya paham radikal yang sangat tinggi dan mampu mempengaruhi narapidana lain yang berada didalam Lembaga pemasyarakatan. Pembinaan narapidana dengan kasus terorisme terpusat , karena pembinaannya butuh dengan metode khusus secara bersamaan. Peran petugas pemasyarakatan dalam rangka mewujudkan.

reintegrasi sosial dengan cara Deradikalisasi yang dilakukan oleh pihak Lembaga pemasyarakatan dibantu dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), selain itu pembinaan mental spiritual narapidana terorisme berbeda dengan narapidana umum, Selain pembinaan kepribadian, pembinaan dengan kemandirian juga harus dilatih pada narapidana terorisme, agar mempunyai keahlian Ketika keluar dari Lapas, dan mampu berintegrasi dengan masyrakat diluar. Perlunya pelatihan bagi petugas pemasyarakatan agar mampu membina narapidana dengan kasus terorisme secara baik dan mampu merubah radikal seorang narapidana terorisme


Keywords


Pembinaan,terorisme,radikalisme

Full Text:

PDF

References


Elvina, Ni Putu. “Penyebab Aksi Terorisme Di Indonesia,” no. 1106146013 (2012).

atolik, Universitas, and Widya Mandala. “Terorisme, Hati Nurani Sesat, Opini” (n.d.).

Mareta, Josefhin. “Rehabilitasi Dalam Upaya Deradikalisasi Narapidana Terorisme.” Masalah-Masalah Hukum 47, no. 4 (2018): 338.

Mubarak, Zulfi. “Fenomena Terorisme Di Indonesia :” Salam jurnal studi Masyarakat Islam 15, no. 2 (2012): 240–254.

Noviandi, Adnan, and Cyndi Permata Sari. “PEMBINAAN NAPI TERORISME MENGGUNAKAN METODE SOFT APPROACH Di Lapas Kelas IIB Sentul” 7, no. 1 (2020): 176–189.

Nursalim, Muhammad. “DERADIKALISASI TERORISME: Studi Atas Epistemologi, Model Interpretasi Dan Manipulasi Pelaku Teror.” Kalam 8, no. 2 (2017): 329.

Peraturan Perundang-undangan nomor 1 tahun 2002 tentang Pemberantasaan Tindak Pidana Terorrisme

Sari, Siti Nurmalita. “Strategi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (Bnpt) Dalam Upaya Deradikalisasi Pemahaman Agama Narapidana Terorisme Di Lembaga Pemasyarakatan (Lp) Cipinang” (2016).

Septian, Farid. “Pelaksanaan Deradikalisasi Narapidana Terorisme Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang.” Jurnal Kriminologi Indonesia 7, no. 1 (2011): 108–133.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i1.222-232

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora