PENGAWASAN KLIEN ASIMILASI OLEH PEMBIMBING KEMASYARAKATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI BAPAS KELAS IIA MAGELANG)

Harfa Sina Atmaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanakan pengawasan klien asimilasi dan kendala Pembimbing Kemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas IIA Magelang. Metode yang digunakan adalah  deskriptif dan kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan serta data dari Sistem Data Base Pemasyarakatan. Pengawasan klien yang dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan dalam menjalani asimilasi pada pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan cara daring (video call,chatting atau video conference) . Selama proses pelaksanaan pengawasan, Pembimbing Kemasyarakatan menghadapi beberapa kendala seperti; klien tidak memiliki Handphone atau sarana komunikasi, hilang kontak dengan klien/penjamin karena penerimaan klien dilakukan dengan online serta klien tidak datang langsung ke kantor Balai Pemasyarakaratan dan tidak jarang pula Pembimbing Kemasyarakatan yang mendapatkan bahwa nomor dari klien/penjamin yang diberikan pihak Lapas/Rutan susah ataupun tidak dapat dihubungi, kendala jaringan internet maupun sinyal yang kurang lancar karena kondisi letak tempat tinggal klien terpencil jauh dari jangkauan sinyal.



Full Text:

PDF

References


Karim, s. A. (2011). Peran Pembimbing Kemasyarakatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanti, D. E. (2020). Optimalisasi Pelaksanaan Tugas Pembimbing Kemasyarakatan. Kebijakan Hukum, 145-146.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. 12(1), 59-70.

Penelitian, B., & Pemasyarakatan, B. (2019). Analisa Kebutuhan Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan ( Bapas ) Bandung ( Analysis On The Needs Of Counselor In Bandung Correctional Institution ) Abstrak. Badan Penelitian Dan Pengembangan HAM, 13(15), 69–84.

Soesatyo, Y. (2014). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Stres Kerja dan Narapidana dan Dampaknya Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(Oktober)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i2.80-89

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 783 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora