Efektivitas Hukum Perlindungan Konsumen dalam Menghadapi Tantangan di Era Ekonomi Digital

Yola Margareth Samosir, Rani Aprian

Abstract


Perlindungan konsumen diperlukan guna memberikan perlindungan bagi konsumen yang ingin melakukan transaksi dengan pelaku usaha. Di era ekonomi digital saat ini diperlukan perlindungan konsumen yang memiliki efisiensi guna memberikan kepastian dan keadilan bagi konsumen. Saat ini, perlindungan konsumen diatur dalam Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen berisi penjelasan mengenai hak dan kewajiban dari konsumen dan pelaku usaha serta lembaga-lembaga yang membantu menyelesaikan sengketa konsumen. Efektivitas kebijakan yang mengatur mengenai perlindungan konsumen perlu ditinjau kembali sesuai dengan perkembangan teknologi sehingga konsumen dengan nyaman menggunakan barang dan/atau jasa pelaku usaha. Dalam mewujudkan hukum yang efektif diperlukan peran dari pemerintah selaku pembuat kebijakan dan penegak hukum serta adanya peran dari pelaku usaha dan konsumen sesuai dengan yang dicita-citakan dalam undang-undang perlindungan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif.


Keywords


Perlindungan; Konsumen; Ekonomi Digital

Full Text:

PDF

References


Aulia Muthiah, Hukum Perlindungan Konsumen: Dimensi Hukum Positif dan Ekonomi Syariah, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2018, hal. 15 dan hal. 26

Hanindyo Mantra, Bagu. 2007. Perlindungan Hukum terhadap Konsumen dalam transaksi E-commerce. Jurnal Reformasi Hukum Volume 3, hal. 2

Bagir Manan, Pembinaan Hukum Nasional, disampaikan untuk kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran kota Bandung pada tanggal 18 Agustus 1997, hal. 8

Pratama, Din Eri, Rani Apriani, Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Supremasi Hukum Volume 19 Nomor 1 Tahun 2023, hal. 1-15.

Dwi Nurmahayani, N., & Keneng, I. (2016). Bentuk Pengawasan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat dalam Memberikan Perlindungan terhadap Konsumen. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, Volume 4 No. 3 hal 5

Susila, G., & Sukerti, N. (2016). Peranan Lembaga Perlindungan Konsumen terhadap Penjualan Obat-obatan melalui Internet. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, Volume 4 No. 3 hal 3




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v7i1.63-67

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora