PERAN BANK DALAM MENGAWASI SISTEM PEMBAYARAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP NASABAH DARI TINDAK KEJAHATAN SKIMMING”. (Studi Di Bank Negara Indonesia (BNI) Padangsidimpuan)

Nur Oloan, Triswidodo Triswidodo

Abstract


Tujuan penelitian dilakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran Bank Negara Indonesia Padangsidimpuan dalam mengawasi sistem pembayaran terhadap nasabah dari tindak kejahatan skimming dan Untuk mengetahui peran Bank Negara Indonesia Padangsidimpuan dalam memberikan upaya perlindungan terhadap nasabah dari tindak kejahatan skimming. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan penelitian ini adalah peneltian kualitatif yang maksudnya adalah peneltian yang dilakukan dengan hasil wawancara penulis dengan responden dan juga melakukan peneltian terhadap data-data yang berkaitan dengan peneltian ini dan juga dengan cara melakukan peneltian lapangan (library research) dan kepustakaan (field research).Hasil penelitian menunjukkan adalah Adapun Peran Bank Negara Indonesia (BNI) Padangsidimpuan dalam mengawasi sistem pembayaran terhadap nasabah dari tindak kejahatan skimming yaitu pencegahan tindakan skimming secara normatif dan upaya pencegahan tindakan skimming secara teknis. pencegahan tindakan skimming secara normative yakni memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat atas

Full Text:

PDF

References


Buku

Abdurrachman, Ensiklopedi Ekonomi Keuangan Perdagangan. Jakarta, Pradnya Paramita, 1990

Eka Rini Setiana, “Implementasi Nilai Demokrasi Pancasila Dalam Kegiatan Karang Taruna Karya Abadi di Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus” Semarang Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri, 2015

Ana Fadhilah, “ATM CRIME: Pengaruh Reputasi Bank & Penanganan Masalah Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan KepuasanSebagai Variabel Moderating Pada Bank BRI Kediri Bagian Selatan-Jawa Timur Pasca Kasus Skimming ATM”. At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah I, Vol.1 No.1. (Maret 2019)

Hermansyah, Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2013

Imaniyati Neni Sri, Pengantar Hukum Perbankan Indonesia, Bandung. Refika Aditama, 2010

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2015

Meliana “Fraud Perbankan Indonesia: Studi Eksplorasi”. Prosiding Seminar Nasional Pakar ke 2, 2019

Michael Enrick, “Pembobolan ATM Menggunakan Teknik Skimming Kaitannya Dangan Pengajuan Restitusi”. Jurist-Diction, Vol. 2 No. 2, 2019

Pratiwi Destya Fidela, 2019 , “Pertanggung jawaban Tindak Pidana Skimming”. Jurist-Diction, Vol. 2 No. 4, 2019

Reda Manthovani dan Pujiyono, Pambudi Wiyono. “Nationalization As a Thread To The Economy Market In Visa And Mastercard Business In Indonesia”. Journal of Critical Reviews. Volume 7 Nomor 1. Januari 2020. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2020

Sudaryatmo, 1999, Hukum Dan Advokasi Konsumen, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Sunggono Bambang, 1996, Metodologi Penelitian Hukum: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Metodologi Penelitian Sinar Grafindo: Jakarta: Sinar Grafindo, 2008

Subekti, Hukum Perjanjian, Edisi Revisi, Cet. ke-21, Jakarta, Intermasa, 2005

Widyayanti Evi Rosalina, 2020 , “Analisis Pengaruh Kecenderungan Pergeseran Sistem Pembayaran Dari Tunai Ke Non-Tunai/Online Paymentterhadap Peningkatan Pendapatan Usaha”. Seminar Nasional Dan Call For Paper

Yulistia Asri Eka Ningrum, 2020, Analis Fungsi Analisis SP dan PUR serta Keuangan Inklusif dan Perlindungan Konsumen, Kantor Perwakilan Bank Negara Indonesia. Lampung, Bandar Lampung

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan

Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, LN No. 42, TLN No.3821

Peraturan Bank Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, LN No. 299 tahun 2020, TLN No. 6605

Jurnal

Arief Budiono, “Penerapan Prinsip Syariah Pada Lembaga Keuangan Syariah”. Jurnal Lawand Justice Vol.2 No.1, 2017

Bambang Slamet Eko Sugistiyoko, 2016, “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Khusus Penumpang Jasa Angkutan Traspormasi Darat”. Jurnal Yustitiabelen, Vol. 2 No. 1

Mislah Hayati Nasution, Sutisna. 2022, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah. Volume 1 Nomor 1

Sonny Koeswara, Muslimah,. 2013, Analisis Besarnya Pengaruh Kinerja Pelayanan (Service Performance) Frontliner dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Prioritas PT. BCA Tbk Cabang Permata Buana Dengan Pendekatan Metode Regresi Linear Multiple. (Jurnal Pasti. Volume 8 Nomor 1

Evi Yupitri, Raina Linda Sari. 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Volume 1 Nomor 1

Mewoh Fransisca Claudya, dkk, “Analisis Kredit Macet”, Jurnal Administrasi Bisnis

Internet

http://repositori.unsil.ac.id/570/7/BAB%20III%20fix.pdf

Tentang Syariah” (On-line), tersedia di Https://www.ojk.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i7.3492-3511

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora