UJI USABILITY MENGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUG PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Awaluddin Dongoran

Abstract


Teknologi informasi di dunia pendidikan telah menjadi kebutuhan primer. Teknologi informasi digunakan untuk membantu mengolah dan mengintegrasikan berbagai macam data, sehingga data dan informasi dapat disajikan secara lebih cepat, akurat, dan efisien. Agar pelayanan kepada customer lebih optimal, maka teknologi informasi dapat dilakukan pengujian untuk mengukur seberapa mudah sebuah sistem tanpa hambatan pengguna sistem. Pengujian usability diperlukan untuk mengetahui interaksi pengguna terhadap sistem dan mengidentifikasi masalah ketika pengguna menggunakanya. Pengujian dengan melibatkan pengguna merupakan metode usability yang paling mendasar untuk dilakukan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dengan melibatkan pengguna diantaranya Heuristic Evaluation, Thinking Aloud, dan Cognitive Walkthrough. Pada metode Heuristic Evaluation pengguna akan diberikan kuisioner untuk melakukan penilaian terhadap sistem. Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi berbasis teori digunakan untuk mengidentifikasi masalah, mendefinisikan penyebab masalah, dan menghasilkan rekomendasi perbaikan. Keunggulan metode Cognitive Walkthrough melakukan pengujian langsung dengan pengguna sehingga interaksi pengguna dengan aplikasi terlihat optimal. Oleh karna itu penelitian ini akan menguji usability sistem informasi akademik menggunakan metode Cognitive Walkthrough.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jti.v1i1.11411

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.