PENTINGNYA MANAJEMEN KEHUMASAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS IMIGRASI

Albert Dasdo Girsang, Bagas Agung Laksono, Della Dinda Bevani, Gideon Johan Wijaya

Abstract


Meningkatnya globalisasi ini menyebabkan adanya revolusi industri 4.0 dengan perkembangan teknologi yang makin canggih dan dapat berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Dalam hal ini manajemen sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam menghadapi revolusi ini. Perlunya kualitas manajemen yang terpenuhi membuat setiap lembaga pemerintahan tak terkecuali imigrasi yang harus meningkatkan hal tersebut. Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi,yang menjadi pusat bagi peningkatan teknologi dan informasi revolusi industri 4.0 di imigrasi. Bidang tersebut berfokus juga terhadap kehumasan. Namun, kehumasan setiap Unit Pelaksana Teknis imigrasi belum dapat dikatan sempurna karena masih banyak sumber daya manusia yang kurang dalam kemampuannya. Oleh karena itu penting adanya manajemen kehumasan di setiap kantor agar terlaksanakanya fungsi dan tugas dari bidang teknologi itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis literatur. Dalam pembahasan ini menjelaskan bahwa perlunya manajemen yang baik di setiap sumber daya manusia yaitu mengembangkan, merekrut, dan menempatkan ditempat yang tepat serta perlunya strategi dan inovasi untuk mengembangkan kemampuan setiap sumber daya manusianya. Sebagai lembaga pemerintahan yang besar imigrasi perlu para pegawai yang bekerja terutama di bidang kehumasan ini paham dan mempunyai kemampuan yang hebat agar setiap pelaksaan tugas dan fungsi serta pelayanan publik berjalan dengan baik.


Keywords


Revolusi Industri, Manajemen Sumber Daya Manusia, Imigrasi, Kehumasan

Full Text:

PDF

References


Hastuti. (2019). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintahan Di Kota Baubau.. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 2 (2019): 1–9.

Abdullah, Farid. (2019). Fenomena Digital Revolusi Industri 4.”.

Hartini, Tin. (2019). Upaya Perhumas Dalam Meningkatkan Kompetensi Public Relations. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi 4, no. 1 (2019).

Roy, Yohanes. (2019). Strategi Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Dalam Menghadapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Jakarta : academia.edu.

Nurul, Vita. (2018). Reformasi Manajemen SDM Aparatur Di Indonesia. Tangerang : Jurnal Ilmiah Keimigrasian.

Tangerang, Kantor Imigrasi. (2021). β€œTI Dan Komunikasi,” diakses pada 17 April 2021 dari https://tangerang.imigrasi.go.id/


Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.